Green Tips

Menyiapkan Salat Hari Raya Tanpa Sampah

Jumat, 01 Oktober 2010, 22:51

Sumber: A.Meiviana

Adapun sebuah pemandangan klasik yang biasa ditemui seusai Salat Id. Ya betul...sampah yang bertebaran!

Entah kenapa, tampaknya sulit sekali bagi kita umat muslim membiasakan diri untuk tidak meninggalkan sampah koran bekas alas sajadah begitu saja. Belum lagi kantong kresek sebagai wadah alas kaki.

Sekarang ini saatnya untuk kita menerapkan pepatah muslim yang berbunyi,"kebersihan adalah sebagian dari iman". Caranya?

1. Hubungi pihak mesjid atau penyelenggara Salat Id, kira-kira sebulan sebelumnya, dan usulkan untuk menerapkan Salat Id yang tidak meninggalkan sampah

2. Tentukan titik-titik strategis untuk menempatkan tempat-tempat pengumpulan sampah koran bekas alas sajadah. Tiap titik kira-kira berjarak 2-3 meter.

3. Siapkan tanda yang memberitahukan jamaah Salat Id bahwa di situ ada tempat pengumpulan sampah koran

4. Upayakan untuk tidak menggunakan wadah sampah yang terbuat dari plastik. Misalnya gunakan kardus atau karung.

5. Himbau pihak mesjid untuk tidak membagi-bagikan kantong kresek sebagai wadah alas kaki.

6. Minta pihak mesjid untuk mengumumkan melalui pengeras suara atau saat khotbah Salat Teraweh pada 2 hari terakhir agar: (a) jemaah Salat Id membawa alas sajadah berupa tikar pandan atau tikar yang tahan air dan bisa digunakan berulang kali (b) jika jemaah membawa alas sajadah berupa koran, ingatkan agar seusai Salat Id dilipat kembali dan diletakkan di tempat pengumpulan (c) jemaah diminta untuk membawa wadah untuk alas kaki dari rumah

7. Pihak mesjid/ penyelenggara Salat Id diminta agar sebelum khotbah & seusai Salat Id untuk tidak lupa mengumumkan kepada jemaah untuk melipat kembali koran bekas alas sajadahnya dan dikumpulkan di tempat-tempat yang telah tersedia.

Untuk contoh bentuk ToR penyelenggaraan Salat Hari Raya Tanpa Sampah yang bisa diberikan kepada pihak mesjid/ penyelenggara Salat Id, bisa diunduh di sini.

 


Viewed: 0 | Beri peringkat tip ini: Baik (9)| Buruk (0)

Tags: sampah, sampah kertas

Related Tips


  1. 1
    Achmadi:
    Senin, 11 April 2011, 11:26

    awal langkah yang mulia untuk diterapkan sebagai ummat islam yg peduli lingkungan. Sukur-sukur setelah semua terkumpul_koran bekas,bisa dikilokan atau buat handcraft.

Tulis Komentar

Masukkan teks di samping ini (tidak case sensitive) »