Green Tips

Tips hemat penggunaan AC

Rabu, 16 Desember 2009, 09:54

http://www.flickr.com/photos/boliston/2719916331/

Faktanya, lebih dari 50% konsumsi energi listrik di rumah adalah untuk alat penyejuk udara, atau air conditioner (AC). Di kantor, angka ini naik hingga 70%. Sementara, saat ini pemadaman listrik terjadi secara rutin.

Solusinya? Dengan mengurangi penggunaan AC kita tidak hanya bisa menghemat uang, listrik dan memperpanjang umur AC, namun juga ikut membantu agar listrik tidak ‘byar-pet' terus. Siapa takut?

Kita mulai dari awal.Sebenarnya, apakah kita memang memerlukan AC ini? Kan, solusi yang paling hemat dan ramah lingkungan adalah untuk simpanatau jual ACnya dan buka lebar-lebar jendela kita untuk menikmati AC alam. Kan, fungsi AC adalah untuk menyejukkan ruangan bukan untuk mendinginkan atau apalagi membuat orang beku.

Realitanya, jaman sekarang ini sudah sulit untuk tinggal di rumah di daerah perkotaan yang dibangun dengan menggunakan ventilasi alami, tanpa AC. Seringkali kita terpaksa menggunakan AC karena tidak tahan akan panasnya udara. Untungnya, banyak sekali langkah yang dapat kita terapkan untuk menghemat penggunaan AC.

Tips hemat energi ACBegini caranya:

  • Pilih AC hemat energi
    AC harus mampu menyejukkan ruangan secara cepat. Dengan ukuran evaporator pendingin dan kipas yang lebih besar, maka akan lebih cepat mendinginkan ruangan secara alami dan seimbang.

    >> Cari AC hemat energi
    >> Bagai memilih alat AC yang hemat energi


  • Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan
    Freon adalah bahan cair yang menghasilkan dingin dalam ACnya. Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan, seperti freon hidrokarbon.

  • Tentukan Kapasitas AC (PK)
    Sering terjadi, konsumen membeli AC dengan kapasitas (PK) yang lebih besar dari kebutuhanya, sehingga tidak efisien dan boros energi. Alhasil, tagihanya naik terruusssss! Maka, pilih kapasitas AC yang tepat, dengan acuan kapasitas berkisar antara 600 BTU/jam/m2.

  • Pakai timer agar AC beroperasi hanya pada saat dibutuhkan
    Gimana rasanya saat bangun pagi dalam ruangan yang super dingin sebab AC menyala terus semalaman? Badan pasti terasa gak enak kan?

    AC tidak perlu dipakai sepanjang kita tidur. Sebaiknya hidupkan AC seperempat jam sebelum saat tidur, dan timernya di set selama 1-2 jam mati otomatis. Kalau ACnya sudah mati, ruangnya akan tetap dingin selama beberapa jam kemudian. Untuk siang hari, usahakan mematikan AC, jika akan meninggalkan ruangan dalam waktu relatif lama.

  • Atur suhu AC dengan thermostat
    Untuk aktivitas sehari-hari, atur suhu AC yang paling optimal dari sisi kenyamanan dan pemakaian energi (tidak lebih dingin dari 25 °C), yaitu 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan) . Ingat: setiap kenaikan temperatur 1°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5% (BPPT). Lumayan!

  • Bersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur, tiap 3 bulan
    Dengan memelihara AC secara rutin, kamu mampu menghemat listrik sampai dengan 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara karena debu yang menumpuk, menyebabkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik.

  • Gunakan penutup pada bagian ruangan yang terkena sinar matahari langsung

  • Usahakan pintu, jendela dan ventilasi udara selalu tertutup saat AC menyala.

  • Gunakan lampu ruangan yang memiliki temperatur kerja rendah.

  • Ganti AC yang sudah tua
    Untuk alat AC yang telah berumur lebih dari 10 tahun, pemakaian energi akan lebih besar 30-50% dibandingkan dengan peralatan pendingin dengan teknologi baru.


Belum puas? Coba tips yang berikut

  • gunakan lampu induksi yg tidak panas sehingga beban ac tidak terlalu berat
  • pasang solar chimney
  • naikin plafon, terus di bawah atap taruh material penahan panas
  • rubah jendela supaya lebih lebar, maksimalkan jalusi
  • warna cat tembok, kebiruan mendorong adanya feeling lebih cool daripada misalnya kuning gading
  • pasang ceiling fan
  • rumah dengan dinding dari kayu rasanya lebih sejuk
  • jika terpaksa pakai AC, hindari menempatkan peralatan elektronik di bawah atau di dekat indoor unit...

Sumber: Iwa Garniwa, Tips hemat energy pada Tata Udara; milis Greenlifestyle

 


Viewed: 0 | Beri peringkat tip ini: Baik (31)| Buruk (3)

Tags: listrik, energi, AC, rumah, kantor, hemat

Related Tips


  1. 1
    Gilang:
    Senin, 30 Januari 2017, 15:09

  2. 2
    Jardine:
    Rabu, 04 November 2015, 14:59

    Sudah saatnya berkontibusi untuk menurunkan kadar emisi. ICA SOLAR-On Grid memiliki solusi mudah dan lengkap untuk memasang solar panel di rumah/ kantor/ pabrik anda. Tanpa baterai, tanpa maintenance, investasi 6 tahun balik modal. Harga mulai 50 juta tuk paket lengkap 2000 Watt per hour. www.agensolar.com or 087-777-801-076.

  3. 3
    Svvxxslw:
    Kamis, 19 Desember 2013, 12:46

    Prepare your ShirtTurn that clothing within just away and even rest on a flat surface. Doudoune Moncler Any carrier plummeting separate only time as soon as you obtain is without a doubt something More than likely you may not need. Also, take into consideration the bushes which might be trim down so that they can establish newspaper bags. UGGs Kopen Finally, someway through a lower number of bags the particular groceries seemed to put themselves away more quickly as well. They're just far more convenient together with they just do not require a whole lot of house like a nonsense can will do or simply like a box the place men and women can continue their diet in your chiller really does. Parajumpers Jakke Salg Current designers are actually raving relating to everlasting gains from perservere trouser pockets, as they currently have evolved the way in which goods could possibly be revealed plus marketed during sell. So to stay clear of investing Yuletide day before some sort of television system, Dustin had been experienced stocking up on several publications on The following friday. goedkope UGGS They will apply genuine leather for your travelling bag per se and that is then decorated that has a stiched tapestry. Blog AuthenticityIf press announcements marketplace may be taken away by all kinds of groups under the sunlight, its without doubt tricksters and various other people took ones own items truth be told there to boot. UGG Australia Paul's Episcopal, what person help clean up the actual water each and every Friday as part of the long-standing network service undertaking within the faculty, says many of them discover wallets and handbags, mobile devices, and dress stuff whilst cleaning.

  4. 4
    Putri Chan:
    Kamis, 10 Januari 2013, 08:01

    Keren,, Memberiku Ide,,XD
    Thanks buat yang post ini,, ^,^

Tulis Komentar

Masukkan teks di samping ini (tidak case sensitive) »