Green Tips


Tips hemat air di rumah
Minggu, 24 Mei 2009, 00:31

Pernah membayangkan bagaimana kalau tiba-tiba persediaan air kita mulai menurun? Kita tidak bisa mencuci, memasak, mandi, dan sebagai akibatnya, penyakit pun mengintai. Sayangnya, itu bukan skenario dari Hollywood. Saat ini, akibat penggunaan air yang boros dan penurunan luasnya daerah hijau, stok air bersih makin sedikit. Tapi jangan khawatir--Greenlifestyle sudah menyelidiki isu ini dan mengumpulkan beberapa tips yang gampang dilakukan di rumah, studio, kos (maupun rumah…
selanjutnya »


Tips membuat tanaman di rumah
Selasa, 05 Mei 2009, 15:31

Tanaman ternyata memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menghasilkan oksigen yang secara langsung digunakan oleh manusia. Selain itu, beberapa jenis tanaman juga punya ‘kemampuan khusus' misalnya: mengurangi polusi, menghisap asap rokok, mendatangkan kupu-kupu yang membantu proses penyerbukan, memiliki daya serap air yg tinggi, dapat menarik permukaan air tanah supaya lebih dekat ke permukaan, membantu menyimpan air di bawah tanah, dll.
selanjutnya »


Bagaimana bikin listrik di rumah pakai solar panel
Minggu, 29 Maret 2009, 20:24

Menggunakan listrik dari tenaga surya di rumah? Wah menarik juga, tapi bukankah itu solusi yang mahal? Kan, PLN sudah menyediakan listrik yang lumayan murah. Lalu apa untungnya buat saya kalau menggunakan listrik ‘buatan sendiri'?
selanjutnya »


Kalau pas Earth Hour, terus kita ngapain?
Rabu, 18 Maret 2009, 09:40

Sabtu, 28 Maret ini, jam 20.30-21.30 , Jakarta akan ikut berpartisipasi dalam kampanye global Earth Hour . Kampanye ini diselenggarakan dari San Francisco hingga Beijing. Selama 1 jam, individu, pemerintah dan pelaku bisnis di seluruh dunia diminta untuk mematikan lampu sebagai pernyataan dukungan atas upaya penanggulangan perubahan iklim.
selanjutnya »


Kenapa baterai bekas gak boleh dibuang ke tempat sampah?
Rabu, 11 Maret 2009, 00:53

Coba perhatikan, ada berapa banyak barang di rumah kita yang menggunakan baterai? Ada mainan, jam tangan, jam dinding, ponsel, remote TV, kamera, iPod, dll. Lalu, apa yang kita lakukan jika baterai sudah tidak bisa dipakai lagi?
selanjutnya »


Bagaimana mengurangi penggunaan plastik saat belanja?
Minggu, 01 Maret 2009, 02:44

Sudah banyak orang yang mendiskusikan tentang pentingnya mengurangi pengunaan kantong plastik. Tapi berapa banyak yang sudah betul-betul berhenti memakai kantong kresek saat belanja?
selanjutnya »


Tips kurangi bahaya limbah elektronik
Senin, 16 Februari 2009, 07:11

Setiap tahun, antara 20-50 juta ton limbah elektronik (e-waste) dibuang tanpa diproses dengan cara yang ramah lingkungan, menurut data PBB. E-waste bisa menjadi ancaman serius bagi lingkungan dan manusia karena ia adalah sumber toksin, termasuk zat karsinogenik. Setelah dibuang, zat dari e-waste masuk ke tanah, kemudian ke air, dan akhirnya dapat mencemari rumah kita melalui keran air.
selanjutnya »


Bagaimana mendaur ulang kemasan aseptik (Tetra Pak)?
Rabu, 28 Januari 2009, 10:00

Sudah pernah dengar tentang kemasan aseptik? Kemungkinan besar kamu sering pakai kemasan tersebut. Kemasan aseptik, yang dikenal juga dengan "Tetra Pak" adalah kotak minuman yang biasa digunakan, antara lain untuk minuman juice, susu, teh, dll. Kemasan aseptik merupakan hasil inovasi teknologi. Kotak ini terdiri dari lapisan kertas, aluminium dan plastik yang tidak hanya anti bocor, namun juga bisa melindungi isi kemasan dari ancaman bakteri. Karena…
selanjutnya »


Tips berlibur tanpa merusak lingkungan
Kamis, 04 Desember 2008, 00:36

Pernahkah terlintas di benak kita bahwa ternyata setiap perjalanan liburan yang kita jalani memberikan dampak buruk bagi lingkungan, setidaknya dari segi emisi? Selain itu, tak jarang kawasan wisata yang sebelumnya memiliki pemandangan yang mempesona, rusak akibat kunjungan para pelancong yang tidak mempedulikan kelestarian alam di lokasi Berikut adalah tips yang bisa dipraktekkan agar perjalanan atau liburan kita memberikan dampak yang minimal bagi lingkungan. 1. Hindari…
selanjutnya »


Tips berhenti merokok
Kamis, 04 Desember 2008, 00:29

Seperti yang kita ketahui, asap rokok tidak hanya membahayakan kesehatan perokok, tapi juga mereka yang terpaksa menghirup asap rokok, termasuk anak-anak. Walau sudah menyadari akan dampak buruk rokok, namun tidak sedikit perokok yang merasa susah menghentikan kebiasaan merokoknya, sekalipun ketika niat berhenti sudah dicanangkan. Berikut sejumlah tips yang mungkin bisa dicoba untuk mulai menghentikan asupan nikotin dan sejumlah racun lainnya ke dalam tubuh kita. 1.…
selanjutnya »