Green Trips

Agu
04
2007
Kunjungan ke kedai daur ulang Pak Salam

Lokasi: Kedai Daur Ulang Pak Salam

Alamat: Jalan Mampang Prapatan XI no. 3A Rt 07/01, Jakarta Selatan - 12790

Telp: 021 - 790 0742/ 0856 1515 692

Hari ini untuk pertama kalinya komunitas GL melakukan kopi darat sambil berkunjung ke Kedai Daur Ulang Pak Salam, di bilangan Mampang. Adapun anggota GL yang ikut serta acara kunjungan ini sebanyak 11 orang...atau 11,5, karena ada 1 anak kecil. Yah lumayan lah...setengah dari target maks. 22 orang.

Setiba di tempat P.Salam, acara dimulai dengan perkenalan sesama peserta. Setelah itu kita disuguhi penganan kecil dan minuman khas betawi, bir pletok yang sluuurps...sambil mendengarkan beliau bercerita tentang berbagai permasalahan sampah di Jakarta serta keterangan mengenai kertas daur ulang yang diproduksi di situ.

Beliau kecewa di pilkada Jakarta kali ini (dan di pilkada2 sebelumnya) isu sampah gak pernah diangkat sbg isu utama. pdhl masalah sampah ini adl masalah yg sudah sgt kronis buat masy jakarta. dan gak bisa solusinya cuma 'kumpul-angkut-buang' atau 'pilah-kumpul-angkut-buang'...ato cuma nyari lahan baru utk gantiin TPA Bantargebang.

Harusnya yg perlu dipikirkan adalah bgmn pertama mengurangi sampah yg dihasilkan di tingkat individu. trus kedua, bagaimana cara mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA, karena sebenarnya 60% dari sampah tersebut bisa di daur ulang. Jadi yang tiba ke TPA itu memang sampah yang tak bisa didaur ulang lagi.

Oh iya, dalam upaya mengurangi sampah plastik, beliau mengusulkan untuk kembali menggunakan rantang...maksutnya kemana pun pergi membawa rantang atau kotak makanan. supaya klo beli mknn tidak lagi pakai plastik atau styrofoam.

Setelah sekitar 1 jam berbincang-bincang dgn P. Salam, maka mulailah kita beranjak ke workshopnya untuk praktek bikin kertas daur ulang. Ini dia acara yg ditunggu.

Awalnya beliau memperlihatkan seperti apa bentuk bubur kertas dan bagaimana proses pewarnaan dan penghalusan dengan menggunakan blender. Setlh itu baru deh kita diperagakan cara mencetak kertas dengan menggunakan cetakan atau screen.

Kemudian setiap peserta diberikan kesempatan untuk mencoba mencetak kertas daur ulang.

Adapun hal yang didapat dari kunjungan ini adalah:

1. Kurangi sampah sebisa mungkin

2. Jika punya sampah kertas di rumah/kantor, bisa dikirim ke kedai ini untuk didaur ulang. Sudah ada beberapa perusahaan yang mengirimkan sampahkertasnya secara rutin.

  • Adapun jenis sampah yang diterima:

Kertas HVS; Koran; Majalah; Brosur/poster; Kertas/map manila; Kertas komputer; Amplop; Kertas buram; Karton; Kardus.

  • Jenis sampah yang tidak diterima:

Kertas yang dilaminating; Kertas Karbon, Kertas bekas obat/kimia.

Akhir kata, sampai jumpa di acara kunjungan GreenLifestyle berikutnya! ;-)

Daftar peserta kunjungan:
aulia- adit - dwee - eko - linda - verena - neffa - lanny- shanty + kaysan- marc- melly

Foto-foto bisa lihat di sini.


Viewed: 1205

Tags: daurulang, kertas, salam, jakarta, mampang


Kedai Daur Ulang
2008-12-02 00:00:00
Greenlifestyle 2007

Kedai Daur Ulang
2008-12-02 00:00:00
Greenlifestyle 2008

Pak Salam, kedai daur ulang
2008-12-02 00:00:00
Greenlifestyle 2008